Di era sekarang, manusia kerap sekali berhubungan dengan website dan aplikasi untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari. Nah, tampilan dan pengalaman saat kamu berselancar di website atau aplikasi tersebut itulah terdapat UI dan UX Design yang dikerjakan oleh UI Designer dan UX Designer.

UX Design adalah bidang yang fokus terhadap interaksi manusia sebagai pengguna atau yang disebut user dengan produk layanan berbentuk website atau aplikasi. Bidang ini merupakan gabungan aspek-aspek dari ilmu lain seperti psikologi, bisnis, pemasaran, dan teknologi.

Tugas utama seorang UX Designer adalah untuk mendesain sebuah produk menjadi usable namun juga menyenangkan bagi penggunanya. Dalam mencapai tujuan tersebut, seorang UX designer diharuskan untuk berkolaborasi dengan tim lain. Ia juga berperan menjembatani celah antara user, tim development hingga stakeholder.

UX designer melihat suatu permasalahan dari berbagai angle dan perspektif agar desain yang mereka buat dapat diterima oleh pengguna yang datang dari berbagai latar belakang. UX designer juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa produk yang didesain sesuai dengan kepentingan bisnis perusahaan. Apakah produk tersebut mendatangkan keuntungan atau tidak dan apakah produk tersebut sudah sesuai dengan keinginan atasan, hal tersebut juga harus dipertimbangkan oleh UX designer.

UI designer sering kali dikaitkan dengan UX designer. Kamu tentunya lebih mengenal profesi UI/UX designer ketimbang dua profesi lainnya. Padahal, UI dan UX designer sejatinya adalah dua bidang yang berbeda, lho.

(UI) design atau desain antarmuka adalah proses yang digunakan desainer untuk membangun antarmuka dalam perangkat lunak yang berfokus pada penampilan. UI designer bertujuan untuk membuat tampilan antarmuka yang mudah digunakan dan menyenangkan pengguna.

Desain UI mengacu pada antarmuka pengguna grafis dan bentuk lainnya seperti tampilan antarmuka yang dapat dikendalikan suara. Tugas seorang UI designer adalah merancang semua layar tempat pengguna akan bergerak, dan menciptakan elemen visual dan sifat interaktif yang memfasilitasi pergerakan ini.

UI designer atau user interface designer itu sendiri bertugas untuk mendesain elemen interaktif di dalam produk seperti tombol, icon, typography, skema warna dan desain yang responsif. Tujuannya adalah agar dapat memberikan pedoman kepada user melalui interface produk. UI designer lebih memperhatikan apakan desain yang dibuat enak untuk dilihat.

Kalau kamu tertarik untuk belajar mengenai UI dan UX design, kamu bisa belajar bersama SUHU. Stay tuned di instagram @suhuacademy untuk update info kelas-kelas terbarunya. Bisa juga langsung kontak kami di mail@suhu.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.