Bahasa pemrograman juga dikenal dengan bahasa komputer, yang berfungsi untuk mengintruksi atau memerintah perangkat lunak pada komputer. Bahasa pemograman diimplementasikan untuk membuat program pada mobile maupun desktop. Ada banyak bahasa pemrogaman di dunia, diantaranya 20 bahasa pemrograman di benua Asia sendiri. Nah, di artikel membahas 5 bahasa pemrograman yang populer di Indonesia tahun 2020 berdasarkan pencarian yang dilakukan pada Google Trends.

  1. PHP (PHP Hypertext Pre-processor)

PHP adalah bahasa penulisan skrip open-source yang biasanya digunakan dalam pemrograman atau pengembangan website. PHP adalah bahasa scripting server-side, bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan situs web statis atau situs web dinamis atau aplikasi web. Bahasa pemrograman ini paling banyak digunakan di Indonesia. Selain karena gratis, PHP banyak digunakan karena bahasa pemrograman ini bersifat open source. Jadi, pengguna bebas memodifikasi dan mengembangkan sesuai dengan kebutuhan mereka.

  1. Java

Java sebagai salah satu bahasa pemrograman yang sudah berumur dari era 1990-an, kian berkembang dan melebarkan dominasinya di berbagai bidang. Java menjadi bahasa pemrograman yang hampir setiap pengembang mengetahui atau bahkan pernah menggunakannya. Selain digunakan sebagai bahasa pemrograman website, Java banyak dimanfaatkan untuk membuat aplikasi desktop maupun mobile. Salah satu penggunaan terbesar Java adalah dalam pembuatan aplikasi native untuk Android. Bahasa pemrograman Java unggul karena performanya yang cepat dan aman.

  1. Python

Dalam tingkatan bahasa pemrograman, Python termasuk bahasa tingkat tinggi. Python adalah bahasa pemrograman interpretatif yang dapat digunakan di berbagai platform dengan menekankan pada keterbacaan kode agar lebih mudah untuk memahami sintaks. Sampai saat ini bahasa pemrograman Python hampir dipakai di segala bidang seperti game, sistem berbasis web, dan bahkan dapat membuat mesin pencari sendiri. Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun berbasis mobile.

  1. JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Netscape. Penggunaan JavaScript saat ini kebanyakan terdapat pada pengembangan web, karena mampu mengembangkan website yang menarik dan interaktif. Saat ini, banyak website yang menggunakan Javascript pada kode program di dalamnya. Javascript tidak membutuhkan resource memory besar (ringan dan kecil), dinamis, dan mudah untuk dikembangkan.

  1. C

C merupakan bahasa pemrograman yang sudah lama eksis di dunia komputer. Bahasa ini menjadi dasar dari pengembangan bahasa komputer lainnya. Kelebihan dari bahasa C seperti banyaknya operator yang dapat Anda temui di dalam C untuk manipulasi data. Struktur data pada bahasa C terstruktur, sehingga mudah dikembangkan dan mudah dipahami.

Bahasa C menjadi bahasa pemrograman yang populer di Indonesia karena hampir sebagian besar perguruan tinggi jurusan IT ataupun lembaga kursus pemrograman menggunakan bahasa ini untuk dipelajari pertama kali sebelum mempelajari bahasa pemrograman yang lain.

  1. Visual basic

Visual Basic menawarkan ide visual dalam pembuatan software, dan dikembangkan untuk membuat software berbasis sistem operasi Windows. Banyak Software Developer menggunakan Visual Basic dalam pengembangan softwarenya, sehingga hal tersebut menjadikan VisualBasic sebagai salah satu bahasa yang populer.

Setiap bahasa pemrograman diatas mempunyai fungsinya masing-masing. Biasanya untuk mendesain suatu program, kamu memerlukan beberapa bahasa pemrograman sekaligus.

Jika Anda berminat untuk mempelajari lebih dalam mengenai bahasa pemrograman atau skill IT lainnya, jangan ragu untuk mengikuti pelatihan IT bersama SUHU. Silakan kontak kami di mail@suhu.co.id.

Referensi :
codepolitan.com
niagahoster.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.