Di petengahan tahun 2021 pemerintah mengadakan program PPKM darurat untuk mengurangi angka peningkatan kasus Covid 19 di Indonesia. Hal itu membuat sebagian perusahaan menetapkan kebijakan work from home atau yang biasa dikenal sebagai WFH. Berbagai macam tools pun tersedia guna mempermudah pekerja yang melakukan work from home, entah itu tools yang digunakan untuk memantau sebuah pekerjaan, penunjang komunikasi, alat penyimpanan dan sebagainya.


Nah, berikut dibawah ini adalah alternatif tools project management yang cocok untuk work from home, antara lain :

  1. Trello
    Trello adalah salah satu project management tools yang dapat mengatur berbagai proyek dalam satu tempat. Dengan Trello, semua orang di proyek tersebut bisa tahu apa yang sedang dikerjakan, siapa yang mengerjakannya, dan sudah sejauh mana ia mengerjakannya.
  2. Github
    Github adalah layanan hosting git repository yang didedikasikan untuk sistem pengontrol (untuk melacak perubahan), yang sebagian besar berisikan kode. Collaboration tool ini paling banyak digunakan oleh programmer. Yang menarik dari platform ini adalah, kita bisa memposting hasil project/repo/source code kita agar dapat dilihat oleh user lain.
  3. Monday.com
    Monday adalah project management tools yang didasarkan pada pesan instan dan task board. Templatenya yang dapat dikustomisasikan, terlebih lagi adanya fitur drag-and-drop, memudahkan Anda dalam membuat alur kerja (workflow) untuk seluruh tim.
  4. Microsoft Teams
    Tools project management Microsoft Teams ini, dapat menggabungkan pesan group, pertemuan melalui video (video meeting), penyimpanan file, dan lampiran (attachment) ke dalam satu aplikasi. Para anggota tim bisa bersama-sama mengerjakan berbagai tipe file mulai dari Word, Excel, OneNote, Sharepoint, dan layanan Microsoft lainnya.
  5. Slack
    Slack adalah salah satu project management tools yang paling banyak digunakan untuk menunjang komunikasi di dalam perusahaan ataupun dalam suatu tim. Dengan aplikasi Slack, kamu bisa berbagi file gambar, dokumen, dan video dari komputer atau Google Drive. Bahkan Anda juga dapat menghubungi rekan kerja melalui audio dan video call serta melakukan presentasi dengan memanfaatkan fitur screen sharing.

Kelima tools diatas adalah beberapa contoh yang bisa kalian gunakan selama work from home. Apakah sudah ada yang menggunakan tools diatas? atau mungkin menggunakan tools lain selain yang disebutkan diatas? Apapun toolsnya, harus tetap produktif saat WFH ya. Semoga bermanfaat dan tetap semangat Sobat SUHU!

Kalau kamu atau perusahaanmu ingin mengadakan pelatihan SDM atau pelatihan IT, silakan kontak tim kami di mail@suhu.co.id, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.