Critical Thinking atau Berpikir Kritis merupakan sebuah proses yang disengaja dan dilakukan secara sadar untuk menafsirkan sekaligus mengevaluasi sebuah informasi dari pengalaman, keyakinan, dan kemampuan pengetahuan yang ada. Kemampuan ini sudah pasti harus dimiliki oleh semua orang terutama freshgraduate.

Sejatinya, banyak sekali manfaat ketika kita dapat berpikir kritis di dalam lingkungan kerja ataupun kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat yang akan kamu rasakan di lingkungan kerja seperti :

  1. Terciptanya ide-ide baru
  2. Jiwa kepemimpinan bertambah
  3. Kerja tim yang solid
  4. Komunikasi meningkat
  5. Efisiensi waktu
  6. Hubungan/relasi antar karyawan meningkat

Critical Thinking juga membentuk kepribadian seseorang, seperti :

  • Kebebasan dalam berpikir dan yakin dengan keputusan kita sendiri
  • Percaya diri
  • Menjadi Open Minded
  • Terhindar dari manipulasi

Masih bingung gak sih bagimana proses seseorang bisa dikatakan dapat berpikir kritis? Nah ini dia beberapa proses dalam berpikir kritis:

Setelah melalui proses-proses diatas, maka kita dapat membuat keputusan yang lebih ideal dan efektif serta solutif untuk sebuah permasalahan.

Mau belajar Critical Thinking bersama SUHU Training & Consulting? Hubungi kami di nomor telpon 0274-2870394 / whatsapp : 082134351188.

Leave a Reply

Your email address will not be published.