Kebocoran data tertutama di internet tidak dipungkiri bisa terjadi. Tak jarang kasus kebocoran data marak terjadi dan mengintai kita. Oleh karena itu, keamanan data pribadi perlu untuk kita tingkatkan karena terkadang data pribadi seperti email, kata sandi, nomor telepon bisa bocor tanpa kita sadari. Nah untuk cek data pribadi Anda sudah pernah bocor atau belum, Anda bisa cek di 5 situs ini:

  1. Periksadata.com

Periksadata.com merupakan aplikasi yang dibuat oleh pendiri Komunitas Ethical Hacker Indonesia Teguh Aprianto. Aplikasi ini memberitahukan data apa saja yang bocor, misalnya, e-mail, alamat IP, nama lengkap.

  1. Have I Been Pwned

Situs ini menyaring data dari berbagai kejadian data breach dan secara langsung memonitor apakah email pengguna pernah terdampak oleh aktivitas peretasan.

  1. Avast Hack Check

Hasil pemeriksaan Avast akan lebih lengkap karena memuat juga kata sandi yang bocor dalam bentuk terenkripsi. Yaitu, kata kunci yang belum terbaca oleh orang lain tetapi berpotensi bocor. Avast akan memberitahukan hasil pemeriksaannya ke email yang Anda masukkan tadi.

  1. 1Password

Selain memberi peringatan kepada pengguna jika ada kata sandi yang dijebol, situs ini juga bisa menjadi alat untuk membuat kata sandi yang unik, kompleks dan random.

  1. Dehashed

Situs ini memiliki fitur menghapus entri data pribadi apa pun yang ditemukan di internet. Demi keamanan data, sebelum menggunakan aplikasi ini, Anda terlebih dahulu harus membuat akun.

Nah, setelah mengetahui bahwa keamanan data pribadi di dunia maya begitu penting tentunya Anda juga ingin mempelajari skill IT juga kan. Jangan ragu untuk mengikuti pelatian IT bersama SUHU. Kontak kami di mail@suhu.co.id untuk tahu informasi lengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.