Saat melamar kerja, seorang pelamar tentu harus mempersiapkan dokumen yang diperlukan terutama CV atau Curriculum vitae atau resume. Jika melamar pekerjaan secara online, CV yang sudah disiapkan biasanya akan di-submit pada website lowongan kerja. Meski begitu terkadang setelah memasukkan atau mensubmit CV pada berbagai lowongan terkadang kamu tidak kunjung mendapatkan panggilan.

Nah, mungkin hal itu terjadi karena banyaknya CV yang masuk ke lowongan kerja perusahaan tersebut. Biasanya perusahaan akan menyortir CV-CV tersebut, lalu mengadakan panggilan test atau interview. Di zaman yang serba canggih dan cepat seperti sekarang ini tentunya perusahaan tidak mau repot-repot menyortir CV yang masuk secara manual.

Saat ini, beberapa perusahaan menyortir CV menggunakan ATS untuk efisiensi waktu. ATS (Applicant Tracking System) adalah suatu sistem atau software yang digunakan suatu perusahaan atau website lowongan kerja untuk mengumpulkan resume dan menyeleksinya sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

ATS akan melakukan scanning atau membaca konten dari CV kamu dan menggunakan algoritma yang dapat mencari keyword. ATS akan menyaring CV yang masuk dan merekap skor CV berdasarkan skill atau keyword yang terdapat di dalamnya. Selain itu, sistem ini akan “melacak” informasi pelamar yang tentu memudahkan perusahaan dalam mengelola data pelamar sekaligus dalam mencari kandidat dengan kualifikasi terbaik.

Jadi, CV yang disubmit sebisa mungkin berisikan keyword-keyword tersebut. Keyword atau kata kunci yang ditulis bisa meliputi skill tertentu, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, magang, atau organisasi, dan juga nama tempat perusahaan atau organisasi di mana kamu kerja atau magang tersebut.

Jadi, usahakan CV yang submit adalah CV ATS friendly. CV ATS friendly adalah curriculum vitae yang didesain khusus agar lolos seleksi applicant tracking system.

Terus gimana sih ciri-ciri CV ATS Friendly itu?

Ciri-Ciri CV ATS Friendly:

  1. Penulisan dalam bahasa Inggris.
  2. Maksimal 2 halaman.
  3. Jenis font yang dipakai standar
  4. Terdapat kontak
  5. Desain CV yang simple. Desain CV ATS Friendly yang simple tentu ini jadi keuntungan sendiri buat yang nggak terlalu bisa mendesain.

Tips agar CV bisa terbaca oleh ATS:

  1. Tulis profil diri secara singkat
  2. Tulis riwayat pendidikan secara rinci
  3. Masukkan pengalaman kerja, magang atau organisasi yang relevan dengan posisi yang didaftar
  4. Cantumkan link portofolio

Berikut ini cara membuat CV ATS Friendly:

  1. Pakai template CV yang simple
  2. Usahakan formatnya urut dari atas ke bawah
  3. Tulis pencapaian atau hasil performance yang kamu pernah buat di perusahaan sebelumnya
  4. Sisipkan keyword dalam penulisan isi CV

Nah buat kamu yang mau melamar pekerjaan dan mau membuat CV, tinggal praktekkan saja tips-tips di atas. Kalau kamu punya minat untuk berprofesi di bidang IT, nggak ada salahnya untuk asah dan pelajari skill ITmu bareng SUHU. Stay tuned terus di instagram kami di @katasuhukita dan @suhuacademy, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.