Technopreneurship adalah istilah istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah bisnis yang berbasis teknologi.

Technopreneur adalah istilah yang digunakan untuk seseorang yang menjalankan bisnis dengan memanfaatkan teknologi tersebut.

Contoh-contoh technopreneur dunia yang terkenal antara lain Bill Gates dengan produk Microsoftnya, Mark Zuckerberg dengan produk Facebooknya, dan lain-lain.

Enterpreneur dan Technopreneur, sama atau beda?

Secara garis besar, technopreneur merupakan bagian dari enterpreneurship. Namun dalam prakterknya enterprenuer lebih menekankan pada transaksi konvensional berupa barang atau jasa, sedangkan technopreneur adalah bisnis yang memanfaatkan teknologi untuk menjalankan sistemnya.

Apa saja keuntungan menjadi Technopreneur?

  1. Tidak butuh modal besar

Bukan uang, tapi ide awal adalah modal paling berharga dalam technopreneurship. Biasanya eksekusi dari ide awal tersebut lalu dibentuk team yang terdiri dari Co-Founder, CFO, CTO, dan Bussiness Development.

  1. Tidak perlu kantor besar

Biasanya bisnis berbasis teknologi bisa dikerjakan dari mana saja, asalkan ada laptop dan internet. Pekerjaan bisa diatur dan dilakukan secara remote dari rumah masing-masing team.

  1. Punya potensi valuasi besar

Banyak perusahaan berbasis teknologi atau yang lebih dikenal dengan istilah start up seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka yang sudah sukses dan sudah mampu menyaingi perusahaan-perusahaan konvensional yang sudah berjalan puluhan tahun.

  1. Bisa dimulai dari rumah

Perusahaan teknologi memang sesederhana itu untuk awal mulanya, karena yang dibutuhkan sebatas produk prototype (MVP) yang bisa beroperasi.

Bagaimana peluang technopreneur di Indonesia?

Jika melihat beberapa perusahaan berbasi teknologi yang mulai bermunculan dan diterima oleh masyarakat Indonesia, bukan tidak mungkin peluang menjadi technopreneur cukup cemerlang di masa kini dan masa depan. Belum lagi banyaknya investor yang mulai percaya dan berinvestasi di perusahaan-perusahaan berbasis teknologi di Indonesia tersebut. Melihat kenyataan ini, apakah Anda memiliki pandangan untuk menjalankan technopreneurship?

Nah jika Anda memiliki pandangan untuk menjadi technopreneur, ada baiknya Anda juga membekali diri Anda dengan skill IT yang mumpuni. Pelajari dan asah skill IT Anda dengan mengikuti pelatihan IT bersama SUHU. Silakan kontak kami di mail@suhu.co.id untuk mengetahui informasi lengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.